Wednesday, February 29, 2012

Did You Know...? (01-03-12)

"... bahwa sayuran bit mengingatkan para juru masak akan binatang yang berdarah ketika disembelih? Nama bit yang diberikan kepada sayuran ini berasal dari kata bahasa Perancis bĂȘte yang berarti binatang liar."
"... bahwa lebih dari setengah janji atau resolusi Tahun Baru sudah dilupakan atau ditinggalkan orang sebelum akhir Juni tahun yang sama?"
"... bahwa Januari berasal dari nama dewa Romawi Yanus yang bermuka dua? Muka yang satu menghadap ke tahun yang lama dan muka kedua menghadap ke tahun yang baru."
"... bahwa kebiasaan menggunakan bayi untuk menandai tahun yang baru dimulai di Yunani sekitar tahun 600 SM? Tradisi ini didasarkan pada perayaan untuk dewa anggur, Dionisos, yang dirayakan kelahirannya kembali untuk mengharapkan kesuburan di tahun yang baru."
"... bahwa di samping menjabat gubernur Sumatera Barat, orang-orang Minangkabau juga duduk sebagai gubernur provinsi lain di Indonesia. Mereka adalah Datuk Djamin (Jawa Barat), Daan Jahja (Jakarta), Muhammad Djosan dan Muhammad Padang (Maluku), Anwar Datuk Madjo Basa Nan Kuniang dan Moenafri (Sulawesi Tengah), Adenan Kapau Gani (Sumatera Selatan), Eni Karim (Sumatera Utara), serta Djamin Datuk Bagindo (Jambi)."
"... bahwa luas keseluruhan area Danau-Danau Besar di Amerika adalah 244.054,58 km²?"
"... bahwa Ar-Razi adalah juara catur Persia pada tahun 847 pada masa Khalifah Al-Mutawakkil? Ia juga menulis buku masalah catur Latif fi-sh shatranj dan Kitab ash-shatranj, yang telah lama lenyap."
"... bahwa kata "subkontinental" adalah satu-satunya kata yang berisi semua huruf hidup dengan urutan terbalik?"
"... bahwa Presiden Gerald Ford dilahirkan dengan nama Leslie Lynch King, Jr.? Orangtuanya bercerai dan ibunya kemudian menikah lagi dengan Gerald Rudolff  Ford, seorang penjaja cat, dan sejak itu ibunya memanggilnya dengan nama Gerald Rudolff Ford, Jr."
"... bahwa toko-toko minuman keras di Amerika Serikat pernah disebut toko paket yang menjual barang paket karena undang-undang mengharuskan botol-botol minuman disembunyikan dari mata umum dalam kantong kertas?"
"... bahwa pada 1266 para pembuat roti di Inggris diperintahkan menandai setiap rotinya agar bila ada yang jelek, dapat diketahui siapa yang harus dipersalahkan."
"... bahwa planet Venus diberi nama sesuai dengan dewi cinta Romawi, sementara Mars diberi nama sesuai dengan dewa perang?

4 comments: